5 Cara sukses Mengatur Gajih Untuk Masa Depan

Saat mendapatkan gaji, apa yang anda lakukan? Beberapa orang mungkin menyisihkannya untuk membayar tagihan-tagihan? Atau mungkin anda memakainya untuk eksklusif membeli barang yang telah anda dambakan. Entah apapun itu dan apapun prioritas yang hendak anda raih, sebaiknya jangan hingga gajih yang telah anda cari dengan susah payah lewat begitu saja. Agar anda sanggup menikmati gajih lebih lama, maka buatlah anggaran jauh-jauh hari sebelumnya. Namun untuk merealisasikannya, bagaimana sih caranya?

1. Membagi Menjadi Beberapa Bagian

Maksudnya disini bukan untuk dibagikan pada orang atau kerabat. Gaji yang sudah anda terima, hitunglah dan sisihkan menjadi beberapa pecahan sesuai dengan kewajiban yang harus anda bayarkan. Misalnya anda harus membayar cicilan, uang belanja, rekreasi, tabungan, amal dan lain sebagainya. Pastikan presentase di setiap pecahan pas dan tidak ada yang kurang. Dalam teori perencanaan keuangan, presentasi atau porsi yang pas yakni 40% untuk kebutuhan sehari-hari atau kebutuhan pokok, 20% untuk tabungan, 10% biaya tidak terduga, 10% untuk investasi dan amal, dan 10% lagi untuk rekreasi atau hiburan.

2. Menentukan Prioritas

Apa itu prioritas? Prioritas yakni segala sesuatu hal yang harus diutamakan atau dinomor satukan. Maka dalam hal ini, prioritas utama anda yakni membayar segala macam cicilan anda dan membayar utang. Sebab kalau anda tidak segera membayar hutang-hutang anda maka nanti anda akan terkena denda. Sesudah anda menyisihkan untuk membayar kewajiban diatas, maka prioritas berikutnya sanggup anda alokasikan untuk kebutuhan sehari-hari ibarat untuk makan, tagihan listri, transportasi, air dan lain sebagianya.

3. Memisahkan Tabungan

Cara supaya tabungan anda tidak terpakai, maka sebaiknya anda menciptakan dua buah tabungan, yang mana tabungan pertama untuk simpanan dan tabungan yang kedua untuk kebutuhan sehari-hari. Dalam menentukan tabungan, anda juga harus jeli. Itu lantaran beberapa bank terutama bank konvensional menerapkan pemotongan tabungan untuk biaya manajemen setiap bulannya. Maka dari itu sebaiknya anda menggunakan bank syariah saja yang bebas dari biaya manajemen dan bunga. Jangan membawa kartu ATM anda, kalau memang anda berniat menyimpan uang anda. Hal ini bertujuan supaya anda tidak sanggup mengambil uangnya, alasannya biasanya orang gampang terpengaruhi bila membawa ATM di dalam dompetnya.

4. Sisihkan Uang Untuk Dana Cadangan

Gaji biasanya hanya numpang lewat dikala ada insiden yang tidak terduga menimpa diri anda. Salah satu misalnya yakni ketika anda mengalami sakit dan asuransi anda tidak sanggup menanggung beban biayanya. Kejadian ini kerap kali dialami oleh seseorang sehingga terpaksa beliau harus menggunakan uang tabungannya untuk membayar biaya rumah sakit. Oleh alasannya itu, penting sekali bagi anda untuk memiliki dana cadangan biar anda sanggup terhindar dari kejadian-kejadian semacam itu.

5. Sisihkanlah Uang Anda Untuk Investasi dan Beramal

Di pembahasan sebelumnya sudah disinggung bahwa gajih itu disisihkan sebanyak 5% untuk investasi dan amal. Salah satu solusi cerdas biar masa depan keuangan anda tidak berantakan, maka anda sanggup menyalurkan 10% dari gajih anda dengan mengikuti aktivitas investasi, unit link ataupun deposito. Selanjutnya beramalah untuk kegiatan keagamaan, membantu orang-orang yang kesulitan dalam berobat, dan menyumbang untuk peristiwa alam.

Bagi anda yang bertipe konsevatif, anda sanggup menentukan reksadana pendapatan yang tetap ataupun pasar uang. Namun bagi anda yang menyukai tantangan maka uang anda sanggup dialokasikan untuk membeli reksa dana saham ataupun saham. Disamping anda mempraktikkan 5 Cara sukses Mengatur Gajih Untuk Masa Depan, maka hal selanjutnya yang harus anda lakukan yakni disiplin dan konsisten dalam menjalaninya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *